Musafirmsf.com-OMK MSF. Sehabat muda yang terkasih, apa kabar kalian? Saya berdoa dan berharap  kalian dalam keadaan baik dan sehat. Ah rindu kalian ngopi di Teras Pastoran!

Saat ini dan melalui refleksi yang singkat ini, saya mau mengajak kalian dengan gembira hati mendulang makna dan menumbuhkan semangat baru untuk berkembang.

Masa Muda Sekali Saja

Mari menyadari bahwa masa muda adalah kekayaan hidup yang tak ternilai. Masa muda dimana kamu mengalaminya sekali saja dalam seumur hidupmu. Masa muda yang hanya sekali itupun, waktunya tidak lama, bahkan sangat singkat untuk engkau jalani dan hayati.

Nah, jika masa muda yang engkau alami itu singkat dan engkau hanya  mengalaminya sekali saja dalam seluruh hidupmu, maka satu hal mendesak yang harus engkau  lakukan saat ini yakni: “Gunakalah kesempatan yang hanya sekali dan singkat untuk mengembangkan potensi dirimu dalam seluruh segi kehidupan!”

Pater Chen MSF dan Pater Ambros MSF sedang mengiri lagu dalam perayaan ekaristi misa tutup Kapitel MSF

Personalitas

Saya mau mengajak kalian untuk bersama-sama mendalami aspek personalitas dalam diri kita orang muda. OMK dan personalitas mengandung makna : “sebagai Orang Muda harus belajar mengenal diri sendiri. “Know your self” kata Filsuf Plato.

Mengenal diri termasuk mengenal kelebihan dan kekurangan kita, mengenal potensi yang ada dalam diri kita. Mengenal diri juga mengarahkan kita untuk belajar menumbuhkan semangat dan rasa percaya diri, menumbuhkan daya kreasi dan keterampilan  dan sampai pada membangun ketangguhan rohani dan jasmani  yang sehat. Semua hal ini pada akhirnya mengantarkan kita untuk meraih masa depan dalam terang iman Katolik.

Dalam keteguhan iman, tanpa loyo dan lembek, tanpa menyerah dan putus asa, kita mampu berjuang meraih masa depan yang cerah dan bahagia.

Kesuksesan membina diri dan karakter mengantar kita mampu hidup dan beradaptasi dalam situasi dan keadaan apapun. Ya ketika aspek  personalitas kita baik, maka kita akan menjadi tanda Berkat, tanda harapan dan tanda sukacita Injil bagi Gereja dan masyarakat.

Berkepribadian Kristiani

Sahabat muda, ingatlah bahwa pacarmu, pasanganmu, keluargamu, gerejamu dan masyarakat di sekitarmu suka pada kamu yang memiliki kepribadian yang baik, betul kan?

Ya, memiliki kepribadian yang baik menjadi penting. Apalagi kita yang hidup di zaman milenial ini. Jika tanpa mawas diri, OMK yg tidak menyadari personalitas-nya yang baik, hanya akan melahirkan pribadi yang tidak tahu apa kata dirinya tentang dirinya sendiri, tidak tahu apa kata gereja bagi dirinya, tidak tahu apa kata masyarakat bagi dirinya dan tidak tahu apa kata Allah bagi dirinya.

Itu berarti Ia pun akan tidak tahu kelebihan dan kekurangannya, tidak tahu potensi-potensi yang ada dalam dirinya. Ia menjadi tidak percaya dengan dirinya sendiri. Ia minder, tidak berani berbicara di depan banyak orang dalam forum formal, mati gaya dalam kreasi, lemah daya juang dan akhirnya mudah menyerah, mudah melarikan diri atau membuat kompensasi atau pelarian dari realitas hidupnya. Selain itu ia jatuh pada hiburan palsu dan hoby yang hampa tanpa makna.

Sahabat Muda terkasih! Gereja menaruh harapan dan kegembiraan padamu Maka saat inipun saya ingin katakan “entah suka  atau tidak suka, kita ditantang untuk melakukan perubahan pemikiran dari cara berpikir lama ke pemikiran yang baru, sikap batin yang  baru dan cara bertindak yg baru.

Gbr dari google.com/orang muda Katolik

Bentuklah Kepribadianmu menjadi orang muda gereja yang berkepribadian Kristiani dan Nasionalis.  Salam Sahabat Muda. Mari kita Ngopi bro! P. Gebby Maing MSF.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here