Hadiah terbaik yang bisa kamu berikan kepada orang yang kamu sayangi adalah waktu dan perhatian.

Alat-alat komunikasi yang semakin canggih bisa saja membuatmu merasa dekat dengan orang jauh dan merasa jauh dengan orang dekat. Kamu merasa asing, relasi menjadi dingin atau kamu kehilangan fokus.

Saat berada dengan orang yang dikasihi, singkirkan sejenak alat komunikasi itu dan berilah perhatian karena dengan itu mereka merasa berharga. Merekapun tahu bahwa pemikiran, perasaan, jati diri dan keberadaanmu berharga dan mereka dibutuhkan.

Sebesar apapun kamu lakukan sesuatu tapi lupa waktu dan perhatian pada mereka tetap akan meninggalkan sisi ruang hampa karena batin mereka membutuhkan waktu dan perhatian juga.

Jika untuk memberi perhatian atau meluangkan waktu menuntut pengorbanan, maka lakukan. Waktu sangat berharga untuk dilewatkan begitu saja. Ia tidak akan kembali lagi, dan ruang hampa batin mereka tetap merindu. Waktu, perhatian adalah pemberian diri yang bisa memenuhi sisi hampa ruang batin mereka.

Sebab inti dari sebuah relasi tidak hanya terletak pada seberapa besar apa yang kamu lakukan tetapi pada seberapa besar kamu memberi diri kepada mereka.

Perhatianmu, pribadimu, waktumu, dan keberadaanmu adalah nilai paling berharga yang bisa kamu berikan pada sisi ruang batin orang yang kamu sayangi.

P. Joseph Pati Mudaj, Msf

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here