Br. Bonifatius Probo Sunarjo MSF lahir 10 November 1942 di Surabaya. Sebelum bergabung dengan MSF, ia masuk kongregasi St Yosef, kemudian ia bergabung dengan MSF dan menerima kaul perdana pada tahun 1967. lalu tahun 1973 ia mengikrarkan kaul kekal dalam MSF.

Seniman yang disiplin

Br. Probo sedang bermain alat musik Acordion

Bruder Probo piawai dalam bermain beberapa jenis alat musik seperti Piano, Acordion, Guitar dan lain-lain. Ia membagi talentanya itu kepada banyak orang. Banyak muridnya berhasil dan bisa bermain alat musik.

Br Probo juga pandai melatih paduan suara. Karena sering melatih Paduan suara ketika masih muda,  ketika tua pun ia selalu bernyanyi. Meskipun penyakit membuat suaradan bicaranya tidak sempurna, ia tetap gembira dan bernyanyi.

Ia suka menyanyikan lagu “Nderek dewi Maria”. Lagu inilah yang paling diingatnya meskipun mengalami pikun yang akut. 

Selain sebagai seniman, ia seorang yang disiplin. Tercatat dalam buku hariannya sendiri jadwal harian hidup yang sangat teratur. Ia biasa bangun pagi pada Pkl. 05 subuh, lalu senam dan meditasi. Setelah itu ia mengikuti ekaristi. Ia juga rajin menulis refleksi harian pada buku hariannya.

Bruder yang Bahagia

Di usia senja, Bruder berkarya di Seminari Johaninum. Selain menjadi pamong para seminaris, ia juga sebagai penata taman. Ia melakoni rutinitasnya dengan senang hati.

Demikianpun ketika ia mengalami sakit penyakit. Ia tabah dan gembira. Tidak satupun keluhan dari mulutnya. Hidupnya sederhana menghayati spiritualitas kongregasinya. 

Tepat Pkl 22.36 Wita, hari ini (Kamis, 21 November 2019), ia meninggalkan di Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin. Selamat jalan Br. Probo MSF! RIP 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here