Belakangan ini, Gereja Katolik Indonesia mendapatkan berbagai kabar gembira. Baru-baru ini Paus Fransiskus memilih Mgr. Suharyo, Uskup Keuskupan Agung Jakarta, menjadi Kardinal. Kini Berita Gembira lainnya terjadi pada hari ini (23/9/19), Pater Purnama MSF terpilih menjadi Superior General (Pemimpim umum) Kongregasi MSF sedunia.

Di Indonesia, Kongregasi MSF memiliki dua provinsi yaitu MSF Propinsi Jawa dan MSF Propinsi Kalimantan. MSF Propinsi Jawa berkarya di Keuskupan Agung Semarang,Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Lantuka dan Keuskupan Tanjung Selor. Sedangkan MSF Propinsi Kalimantan berkarya di Keuskupan Agung Samarinda, Keuskupan Palangkaraya, Keuskupan Banjarmasin dan Keuskupan Atambua.

Peran Kongregasi MSF mengembangkan Gereja Lokal Indonesia juga sangat penting. Kongregasi MSF merupakan perintis dan mengembangkan Gereja lokal di Kalimantan yang kini berkembang menjadi empat Keuskupan.

Pater Purnama, demikian beliau sering dipanggil, lahir di Sukoharjo, Jawa Tengah, 1 Juni 1955, ditahbiskan menjadi imam pada 6 Januari 1983. Sebelum terpilih menjadi asisten general MSF tahun 2013 yang lalu, keseharian beliau adalah menjadi dosen Filsafat di Fakultas Teologi Wedabhakti Kentungan, Universitas Sanata Darma, sekaligus menjadi formator para calon imam dan bruder MSF di Sekolastikat MSF Indonesia, Biara Nazaret di Jl Kaliurang Km. 7,5 Yogyakarta.

Pada Kapitel General yang sedang berlangsung di Roma, Italia, tepatnya hari ini, waktu Indonesia (Senin 23 September,2019) beliau terpilih menjadi Pemimpin Umum Kongregasi Para Misionaris Keluarga Kudus (MSF) menggantikan Pater Edmundo Jan Michalski MSF dari Polandia.

Pater Purnama MSF merupakan orang Asia pertama yang dipilih oleh berbagai utusan MSF yang berkarya diseluruh dunia untuk menjadi pemimpin umum Kongregasi MSF.

Terpilihnya Pater Purnama MSF ini menambah barisan pemimpin umum Kongregasi yang berasal dari Asia khususnya Indonesia. Sebelumnya, Pater Budi Kleden SVD terpilih menjadi Pemimpin Umum Kongregasi SVD. Tentu saja terpilihnya Pater Purnama menggembirakan Gereja Katolik Indonesia di tingkat dunia.

Dengan latar belakang pengalaman dan intelektual beliau yang kritis dan internasional mampu membawa berbagai perubahan, arah baru misi dan strategi Kongregasi MSF dalam mewartakan sukacita injil di tengah dunia.

Terutama bagaimana para misionaris keluarga kudus menampilkan spiritualitas dan semangat karya mereka serta kontribusi yang nyata menanggapi perubahan-perubahan dunia baik hubungan antara agama, budaya, politik dan sosial di daerah-daerah misi para misionaris MSF.

Provisiat untuk Pater Agustinus Purnama MSF. Selamat mengemban tugas baru sebagai Superior General Kongregasi MSF. Servus Salutis.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here