Paus Fransiskus menunjuk Mgr. Dariusz Kaluza MSF untuk menjadi Uskup di Keuskupan Bougainville, Papua Nugini. Sebelumnya, tahun 2016 yang lalu, Dariusz dipilih Paus Fransiskus untuk menjadi uskup di Keuskupan Sufragan Goroka, Papua Nugini.

Mgr Dariusz lahir tahun 1967 di Pszczyna, Polandia. Ia mengikrarkan kaul pertamanya dalam Serikat Para Misionaris Keluarga Kudus (MSF), tahun 1987. Setelah menyelesaikan pendidikan imamat di negerinya, ia ditahbiskan menjadi imam, tahun 1993.

Tugasnya setelah menjadi imam ialah menjalani berbagai pastoral di Polandia, sebagai pastor rekan, lalu diutus menjadi misionaris ke Papua Nugini dan berkarya di Keuskupan Mendi. Dia menjadi Pastor kepala paroki di sana dan direktur Stipas (Formation for catechists) Keuskupan Mendi. Ia pernah menjadi Vikjen dan administrator keuskupan Madang, kemudian ditunjuk Paus Fransiskus menjadi Uskup Goroka, menggantikan Mgr. Francisco Sorego SVD, tahun 2016.

Menurut laporan kepausan tahun 2020, Keuskupan Bougainville memiliki kurang lebih 160 ribu umat Katolik (63,5%) dari populasi jiwa di Propinsi tersebut. Terdapat, 33 Paroki dengan 42 imam, 87 orang bruder dan suster dan 12 Seminaris.

Dari Keuskupan Goroko, Mgr Dariusz pindah ke Keuskupan Bogainville menggantikan Mgr. Bernard Unabali yang meninggal tahun 2019 kemarin di salah satu rumah sakit di Filipina.

Selamat berkarya di keuskupan baru Mgr. Dariusz Kaluza MSF.

Disadur dari : Vatican & World News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here