It is very hard to be patient and wait. Salah satu pekerjaan sulit manusia adalah menunggu. Pengamatan saya ada tiga tipe prilaku orang kala dirinya menunggu. Pertama, beberapa dari kita memang setia di tempat menunggu namun dengan tangan terkatup, cemas dan gelisah. Kedua, yang lain bersabar menunggu tetapi dengan sikap pesimis. Ketiga, tipe orang yang benar-benar sabar menunggu dengan keyakinan bahwa akan benar terjadi. Ada sikap optimis.  nampak di sini lokasi-lokasi kesabaran di mana manusia tersebar dan menghidupinya.  sebenarnya ada beberapa pemikiran yang melatari mengapa kesabaran itu perlu dan menjadi kekuatan dalam hidup manusia.

Budaya antri adalah cerminan sikap sabar dan rendah hati dan Filipina sudah menjadi kebiasaan hidup

Dalam alaam pemikiran China kuno, “Kesabaran adalah kekuatan” disandingkan dengan lama dan rumitnya  proses terjadinya kain sutera dari ulat Mulberry. Ya, ulat mulberry adalah salah satu jenis serangga dari jenis ulat yang dari sisi ekonomi memiliki nilai yang sangat tinggi, karena ulat ini satu-satunya jenis ulat pengahasil serat atau benang sutera. Budi daya ulat sutera ternyata masih jarang dilakukan karena proses budi dayanya yang rumit dan butuh kesabaran.  Dalam arti inilah, kesabaran itu mutlak perlu mengingat ada agenda besar di balik langkah-langkah yang tampak mustahil. Bersabar bukan dalam pengertian pasif tetapi aktif. Ulat sutra mengubah daun kering menjadi pakaian sutra yang indah.

Seorang Doktor Gereja St. Anselmus dalam sebuah kelas bersama para muridnya pernah berkata, “bersabarlah sebab rumput segar yang sedang dimakan seekor sapi akan menghasilkan susu yang segar”. Santo Anselmus adalah seorang guru rohani yang dengan sabar mendidik murid-muridnya hingga semunya mengahasilkan susu. Menghasilkan susu mau mengatakan memproduksi pribadi-pribadi yang matang kebijaksanaannya dan  segar ilmunya sehingga disukai banyak orang. Layaknya Tuhan, Anselmus memenuhi hati para muridnya dengan madu kesabaran dan cintanya.

Di samping itu, kesabaran adalah suatu jeda untuk berdoa. Kesabaran itu berakar dalam doa. Memang, sungguh sulit hanya berdoa. Sebagian orang menuduh berdoa adalah pekerjaan yang paling tidak diinginkan. Pekerjaan yang tidak membutuhkan energy. Tetapi sebenarnya sikap sabar adalah obat untuk membunuh kutil dan penyakit dalam hidup kita. Kita mungkin lelah saat menunggu dan tugas kita serasa mulai sulit, namun ingatlah bahwa kesabaran adalah topeng yang menutupi ingatan kegagalan kita di masa lalu. Kesabaran membuat kita tumbuh dan berkembang.

Jika kita berdoa dan tunduk kepada Tuhan, Dia dengan baik menyaring lebih banyak kebaikan yang lebih enak di hati kita. Menunggu dengan sabar dalam Tuhan berarti Dia sedang membuat sarang madu cinta-Nya pada kita yang segera akan datang dengan kapasitas kebaikan yang kita kenal baik. Mari kita terus berdoa mohon rahmat kesabaran. “Tuhan tahu apa pun dan Tuhan tahu kapan pun”.  Karena itu bersabarlah dengan penuh bahagia. Senyuman Tuhan itu tulus. Dia tidak terpaksa untuk tersenyum, kata Hopkins, seorang Yesuits asal Inggris. Kesabaran itu adalah jawaban dari cinta kekecewaan yang berhasil dijinakkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here