Pandemi Covid 19 membatasi ruang gerak manusia. Beberapa negara memilih lockdown negaranya agar menghentikan penyebaran covid-19 ini. Tidak terkecuali Indonesia, jumlah orang yang terpapar semakin meningkat setiap hari. Hari ini, 5 April 2020, pantauan musafirmsf.com di berbagai media, kasus orang positif terpapar virus ini meningkat menjadi  2.273 orang.

Wabah ini membuat masyarakat berhenti sejenak dari berbagai pekerjaan mereka. Tentu saja membawa akibat lain yaitu hilangnya penghasilan bagi pekerja harian dan kekurangan kebutuhan pokok.

Menanggapi situasi demikian,  Caritas Keuskupan Tanjung Selor meluncurkan posko darurat peduli korban covid 19 untuk membantu kebutuhan pokok sesama dalam situasi sulit ini.

Para Romo dan suster sedang mendata bantuan yang siap dibagikan bagi mereka yang membutuhkan.

Baca Juga : Aksi Solidaritas Gereja Katedral dan Caritas Keuskupan Banjarmasin Ditengah Pandemi Covid 19

“Caritas Keuskupan Tanjung Selor siap membantu sejauh kemampuannya para korban virus corona”, kata Mgr Paulinus Yan Olla MSF, Uskup Tanjung Selor melalui whatsappnya kepada musafirmsf.com.

Mgr Paulinus MSF meninjau langsung Posko Peduli Covid 19

Sementara itu, hari ini diberbagai Umat Kristiani diberbagai belahan dunia, namun umat mengikuti perayaan ini dari rumah mereka masing-masing. Perayaan Minggu Palma mengingatkan umat Kristiani Peristiwa Yesus memasuki Kota Yerusalem, Pusat Kerajaan Daud yang mempersatukan seluruh suku Israel. Yesuspun memasuki Kota Yerusalem untuk mempersatukan seluruh suku bangsa. Situasi yang sama menyelimuti seluruh rangkaian Perayaan Paskah tahun ini. Umat Katolik merayakan Trihari Suci di rumah masing-masing.

Reaksi umat Katolik pada Perayaan Minggu Palma kali ini bermacam-macam. Misalnya viral sebuah video yang dibagi oleh pemilik akun FB Willos Manus, Pastor Paroki Kristus Terang Dunia Waena, RD Paulus Wolor menangis ketika sedang homili. Umat Katolik lain juga ada yang menangis, sedih dan tetap optimis berdoa dari rumah mereka masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here