Info Paroki St. Lukas Temindung dan Paroki St. Teresia, Sangata. 

Hari ini (Minggu 24/3/19) Paroki St. Lukas Temindung melantik 187 Pemazmur dan Lektor (Pembaca Kitab Suci dalam Liturgi Katolik) untuk melayani Gereja khususnya menjadi pembaca firman Tuhan dan melagukan mazmur tanggapan Sabda. 

Tugas lektor sangat vital dalam liturgi Gereja Katolik. Sebab mereka seperti “penyambung lidah Allah” menyuarakan teks Kitab Suci atau Sabda Allah untuk diperdengarkan kepada umat.

Karena itu pembinaan diri dan juga kesiapan melayani di mimbar Sabda harus menjadi semangat para Lektor.  Kesiapan pribadi juga perlu, agar para Lektor sendiri dekat dan akrab dengan Sabda Allah dan menghayati SabdaNya dalam kehidupan mereka.

Demikian juga para pemazmur, mereka bernyanyi untuk menanggapi Sabda Tuhan. Mazmur juga adalah Sabda Tuhan yang dinyanyikan. Jadi pemazmur mewartakan Sabda Tuhan seperti Lektor.

Melalui talenta dan bakat mereka, umat diantar untuk meresapi sabda Tuhan.  Fungsi pemazmur tak kalah pentingnya dengan petugas Lektor.  Mereka bagaikan putra dan putri Daud yang bermazmur bagi kemuliaan Tuhan.

Pastor Paroki St Lukas Temindung,  P. Petrus Prilion MSF mengungkapkan “animo umat dan antusias mereka sangat luar biasa menerima tugas Gereja ini. Juga pada kesempatan yang sama Lektor dan pemazmur dari Stasi di lantik.”

Selamat bertugas dan melayani untuk lektor dan pemazmur yang baru dilantik.

Paroki St. Teresia Sangata

Peserta dan pendamping Rekoleksi OMK Remaja Sangata

Selain itu di Paroki St. Teresia Sangata telah berlangsung pembinaan kaum muda yang berusia remaja dalam kegiatan rekoleksi.

Menurut Pastor Petrus Ping Poto MSF, “Pastoral kaum muda sangat penting dan perlu bertahap dari tingkat  yang bawah seperti kelompok remaja”.

“Dari Tingkat kepausan melalui senode para uskup bersama Paus yang peduli pada kaum muda juga kegiatan Terangkasa tahun kemarin,  menuntut kita untuk melakukan pembinaan berkelanjutan untuk Orang Muda Katolik”, tandasnya lagi.

Untuk itu pada pada hari sabtu kemarin,  seksi kepemudaan paroki menyelenggarakan rekoleksi khusus untuk OMK Remaja.

Sejumlah 87 orang remaja mengikuti Rekoleksi ini.  Diharapkan OMK ini saling mengenal, membentuk diri dan bersedia melayani Gereja dan sesama dengan kreatifitas dan kemampuan yang mereka miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here