Kutai Barat (14/4/19). Bertepatan dengan Hari Minggu Palma tahun ini, Mgr Yustinus Harjosusanto MSF, Uskup Keuskupan Agung Samarinda merayakan 17 tahun ditahbiskan menjadi uskup dan RD, Thadeus Sam Anyeq, Vikaris Kevikepan Sendawar, merayakan pesta perak imamatnya di Gedung Serba Guna Katolik Center, Kutai Barat.

“Ketika saya menyanggupi misa Minggu Palma di sini, saya tidak terpikirkan bahwa saya juga ulang tahun tahbisan uskup pada hari ini. Saya hanya tahu bahwa pastor Sam merayakan 25 tahun imamat, maka pada waktu itu saya mengatakan saya sekalian saja misa minggu Palma di Katolik Center Kutai Barat dan menghadiri pesta perak Pastor Sam.

Karena itu saya berterimakasih kepada P. Sam, saya itu setia kepada yang dibawah, karena nunut dengan acaranya Romo Sam, imbuhnya yang disambut tawa oleh umat yang hadir.

Selain itu, beliau mengenang kembali ketika ditahbiskan menjadi uskup oleh Kardinal Julius Darmaatdmadja SJ di Tanjung Selor pada tahun 2002 yang lalu.

Waktu itu, kenang beliau, “banyak pertanyaan dari Bapa Kardinal yang sebenarnya sudah ada di teks misa, tetapi salah satu pertanyaan yang mengesankan ialah “apakah anda bersedia mengemban tugas ini sampai seumur hidup?

Saya sedikit terkejut, seumur hidup? Tetapi memang begitu! Kita dipanggil untuk setia dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab”, kata Mgr Harjo.

Mgr Harjo mengucapkan selamat kepada Pastor Sam yang sudah 25 tahun usia imamatnya.

Mgr Yustinus Harjosusanto MSF dan RD Thadeus Sam Anyeq memotong tumpeng ulang tahun imamat.

Pastor Sam sendiri menyampaikan kesannya dihadapan umat yang hadir pada acara HUT 25 tahun imamatnya. “Saya tadi sempat menangis, bukan karena menangisi dosa, tetapi karena bersyukur atas dukungan umat yang hadir dalam perayaan ekaristi hari ini.

Banyak sekali umat yang hadir. Ini sebagai bentuk dukungan untuk kami para imam dan Gereja, jadi saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran kita semua pada hari ini”.

Hadir juga sekertaris keuskupan dan Rektor STIPAS Bina Insan, RD Willy. Ia mewakili para pastor projo dan rekan imam serta biarawan-biarawati mengucapkan turut berbahagia dan bersukacita bersama kedua yubilaris.

Dari tokoh umat katolik turut hadir Pak Ismail Thomas, calek DPR RI dari PDIP dan tokoh umat yang lain.

Akhirnya selamat ulang tahun Tahbisan Uskup ke 17. Mgr. Yustinus Harjosusanto MSF dan selamat pesta perak untuk RD Thadeus Sam Anyek.

Sr SPM dan RP Tarsy MSF foto bersama Mgr Harjo MSF
Para suster SPM dan RD Sam Anyeq

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here